Profile Borobudur Herbal Industri

Borobudur Natural Herbal Industry

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang kaya akan tanaman obat. Secara turun temurun tanaman obat sudah digunakan hampir disetiap negara di dunia untuk penyembuhan dan pencegahan terhadap penyakit. Dewasa ini obat herbal telah mendapatkan pengakuan Internasional, khasiat kesembuhan yang dimilikinya mempunyai efek samping yang minimal, sehingga obat herbal semakin diminati oleh masyarakat Indonesia dan mancanegara. Masyarakat Indonesia lebih mengenal jamu sebagai ramuan penyembuhan. Jamu gendong mengawali perkembangan industri jamu di Indonesia.

Perkembangan

Seiring perkembangan akan kebutuhan Obat Herbal, pada tahun 1979 PT. Industri Jamu Borobudur mulai memproduksi Obat Herbal siap pakai. Jamu Borobudur memulai produksi dari bentuk Pil .

Pada tahun 1989, PT. Industri Jamu Borobudur memulai mengembangkan jenis sediaan dalam bentuk kapsul. Hingga saat ini PT. Industri Jamu Borobudur merupakanprodusen terbesar dalam Jamu sediaan kapsul di Indonesia.

Trend “Back to Nature” membuat permintaan produk herbal di dunia semakin meningkat. Dan pada tahun 2000, produk berbahan herbal mulai dikembangkan untuk produk kosmetik dalam sediaan cream, gel, param kocok, dan ragam sediaan lainnya.

Proses

Proses produksi dikerjakan secara modern menggunakan teknologi mesin dengan standart proses yang benar dan dikontrol oleh tenaga terlatih dibidangnya, sehingga menghasilkan produk layak jual, berkualitas, higienis serta aman untuk dikonsumsi. Semua kegiatan yang dijalankan perusahaan diterapkan sesuai dengan Quality Management System ISO 9001/ serta sesuai dengan persyaratan GMP (Good Manufacturing Practices) atau CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik).

Untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan serta menyediakan bahan baku obat herbal berkualitas terbaik, maka pada tahun 2003 Borobudur Natural Herbal Industry mendirikan unit ekstraksi modern yaitu Borobudur Extraction Center (BEC).

Borobudur Extraction Center menggunakan teknologi modern buatan Jerman standart Eropa untuk menghasilkan ekstrak cair dan ekstrak kering.

Borobudur Extraction Center

Quality is Our Priority

BEC menggunakan mesin berteknologi canggih buatan Jerman, menggunakan 3 tahapan dalam proses ekstraksi yaitu Perkolasi, Evaporasi dan Drying.

Perkolasi bertujuan untuk mengambil sari / kandungan bahan aktif dari rempah – rempah dengan menggunakan pelarut yang sesuai sehingga didapat ekstrak cair. Proses ini dilakukan secara berkesinambungan sehingga menjamin kandungan bahan aktifnya optimal

Setelah proses perkolasi maka dilanjutkan dengan proses Evaporasi yang bertujuan untuk menguapkan pelarut

dan mengentalkan ekstrak cair menjadi ekstrak kental. Proses evaporasi ini menggunakan system evaporasi 2 tahap (double stage) sehingga lebih efisien dan prosesnya lebih cepat.

Ekstrak kental dari proses evaporasi kemudian dikeringkan di mesin Vacuum Belt Dryer (VDB) sehingga menjadi ekstrak kering. Ekstrak kering ini nantinya akan diproses menjadi berbagai bentuk sediaan obat tradisional seperti kapsul dan tablet.

Pada tahun 2010, ekstrak kering dan ekstrak kental BEC telah memperoleh sertifikat CPOTB dari BPOM sehingga menjamin kualitas dan higienitas dari produk BEC.

Borobudur Extraction Center telah memproduksi lebih dari 50 jenis ekstrak yang banyak digunakan oleh perusahaan farmasi atau obat tradisional. Ekstrak hasil produksi BEC selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan internal dari PT Industri Jamu Borobudur, juga telah dipergunakan oleh perusahaan lain antara lain PT. Tempo Tbk. (Indonesia), Asia Botanicals (Malaysia), Beauty Nation (Malaysia) dan Biotranziit, Ltd (Jerman).

Quality Control / Jaminan Kualitas

Prosedur jaminan kualitas masing – masing produk sesuai dengan standart farmasi. Dimana laboratorium QC dilengkapi dengan peralatan canggih dan modern seperti di bawah ini :

  1. 1. HPLC (High Performance Liquid Chromatography)
  2. 2. Spectrophotometer UV-Vis
  3. 3. TLC Densitometer
  4. 4. Photostability Chamber
  5. 5. Laminar Air Flow
  6. 6. Tablet Hardness Tester
  7. 7. Viscometer
  8. 8. Autoclave
  9. 9. Moisture Analyzer
  10. 10. High Performance Microscope
  11. 11. Disintegration Tester

Untuk meyakinkan produk terbukti aman dikonsumsi secara mikrobiologis, bagian QC juga dilengkapi dengan laboratorium Mikrobiologi di mana semua produk termasuk bahan mentah dan bahan jadi telah melalui proses Quality Control sehingga aman dikonsumsi dan benar-benar telah diuji pada setiap batchnya.

Research & Development

Perusahaan juga telah memfasilitasi Laboratorium R&D untuk mengembangkan produk baru dan memperbaiki produk yang telah ada untuk mencapai hasil yang terbaik. Setiap perkembangan teknologi yang digunakan untuk memproses dan kualitas produk yang dihasilkan, telah di buktikan keamanan dan khasiatnya sebelum diproduksi. Laboratorium R&D juga difasilitasi beberapa peralatan, perlengkapan dan didukung oleh tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya.

Distribusi

Distribusi produk

PT. Industri Jamu Borobudur meliputi Nasional dan International. Konsumen dapat memperoleh produk - produk di berbagai outlet seperti : berbagai apotik, toko obat, modern outlet seperti Century,

Boston, Kimia Farma dan sebagainya, yang terdapat di Semarang maupun kota-kota lainnya.

Untuk pembelian secara online, pengiriman bisa dilakukan ke seluruh wilayah Indonesia, bisa dilakukan melalui www.borobudurhebal.com ataupun www.jamuborobudur.com

Selain dipasarkan di seluruh Indonesia, produk kami telah di ekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Singapore, Saudi Arabia, Nigeria, Switzerland, Rusia, Amerika, Kanada, Mexico, New Zealand, Jepang, China, dan pada masa akan datang terus dikembangkan ke negara-negara lain di seluruh dunia.

w w w. b o r o b u d u r h e r b a l . c o m

www.jamuborobudur.com

Head Office :

Jl. Madukoro Blok A/26 Semarang 50141

Tel. +62-24-7606888 Fax. +62-24-7605553

E-mail : office@borobudurherbal.com

Extraction Center :

Jl. Walisongo KM 10 Semarang - Indonesia

T. +62 24 8664261 F +62 24 8664303.