Kandungan dan Manfaat Kulit Delima Putih

Buah delima sangat banyak ditemukan di Negara Indonesia, buah yang cantik warna warni juga menambah kesan apik pada tanaman ini. 

Tak hanya digunakan sebagai tanaman hias delima juga digunakan sebagai tanaman herbal / tanaman untuk obat tradisional, tak jarang bagi warga yang memiliki lahan kosong juga memelihara tanaman ini sebagaimana mestinya dapat digunakan sebagai peneduh, atau pun sebagai tanaman obat keluarga.

Buah delima mempunyai beberapa jenis, yaitu delima merah berbunga merah, delima putih berbunga putih, delima susu wantah berbunga merah, dan delima hitam yang berbunga merah serta kulit buahnya berwarna ungu tua.

Dari keempat jenis buah delima tersebut, yang paling terkenal adalah buah delima putih dan delima merah yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias dan dikonsumsi dimakan buahnya / dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Kandungan Buah delima putih memang sudah teruji dari beberapa penelitian yang dilakukan buah delima putih mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat tak hanya dari buahnya saja

Delima putih (Punica granatum Linn) adalah salah satu tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional, tanaman yang unik karena semua bagian tumbuhan dari delima putih tersebut memiliki kandungan kimia yang berguna untuk kesehatan, karena dari situlah buah delima digunakan sebagai obat herbal yang dapat diandalkan untuk membunuh penyakit.

Pada kulit delima putih memiliki kandungan alkaloid dan flavonoid yang mempunyai aktivitas antimikroba terhadap Candida albicans. 

Tanaman Obat Delima putih (Punica granatum) atau biasa dikenal dengan nama Pomegranate termasuk dalam family Punicaceae. Bagian buah dan kulit kayu dari delima putih digunakan untuk infeksi cacing pita, yang dapat menyebabkan cacing tersebut melepaskan ikatannya dari dinding usus. 

Dengan konsumsi hasil rebusan kulit buah delima putih disertai laksatif/ pencahar, tubuh dapat terhindar dari cacingan. Tak hanya itu bagian lain tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah kulit akar ( dikeringkan terlebih dahulu), daun , biji , dan bunga.

Manfaat Delima Putih

1. Membunuh cacing pita, Delima putih dapat membunuh cacing pita karena kandungan tanin yang dimilikinya.

2. Mengobati sariawan dan mengatasi sakit gigi akibat berlubang.

3. Mengatasi keputihan pada wanita, Nery Nuraini dkk dari Sekolah Farmasi ITB meneliti tentang efek antibakteri dan antifungi dari ekstrak kulit buah Delima putih dapat menghambat aktivitas jamur Candida albicans, penyebab keputihan pada wanita.

Berbagai penelitian yang dilakukan

1. Kandungan polifenol dalam delima putih mampu menghambat sintesis estrogen, sehingga secara in vitro dapat menghambat penyebaran sel – sel kanker payudara.

2. Pemanfaatan delima putih untuk pencegahan kanker juga diteliti oleh Ephraim P. Lansky dan Robert A. Newman dari University of texax M.D. Anderson Cancer Centre, USA. Penggunaan jus delima putih menunjukan adan ya aktivitas anti kanker, termasuk untuk penyebaran sel – selnya dalam tubuh. Hal tersebut juga berkaitan dengan kegunaannya sebagai anti inflamasi.

3. Delima Putih juga berfungsi sebagai anti diare, seperti yang telah diteliti oleh Dr . Supriyatna dkk dari fakultas Farmasi Universitas Padjajaran Bandung. Dibandingkan dengan beberapa tanaman lain yang berfungsi sebagai anti diare, ekstrak delima putih memiliki efek anti diare yang paling kuat.

4. Demikian juga dibuktikan dalam penelitian Benny Hartono dkk dari Sekolah Farmasi ITB. Infus kulit buah Delima Putih dapat berfungsi sebagai anti diare dengan mengurangi kecepatan terjadinya diare dan menambah konsistensi feces

Cara pemanfaatan secara alami :

1. Rebus kulit akar atau kulit kayu yang telah dikeringkan (7g)

2. Rebus kulit buah ( 10- 15g)

3. Makan buahnya ( 1buah) atau dibuat jus, bisa divcampur dengan jus wortel.

Untuk pemakaian luar

1. Rebus kulit buah atau kulit akar, lalu gunakan airnya setelah dingin untuk kumur –kumur pada gusi yang radang atau basuhkan pada organ kewanitaan untuk mengobati keputihan.

2. Jus buah delima putih untuk berkumur mengobati sariawan, gigi berlubang, atau sebagai obat kompres pada wasir yang sedang meradang.

Referensi

1.Chevallier Andrew, 2000, Encyclopedia of Herbal Medicine , London : Dorling Kindersley Limited, hal 158 – 159.

2. Dalimartha Setiawan, 2003, Atlas Tumbuhan Obat Indonesia, Jilid 3 , Jakarta : Puspa Swara, hal, 11 – 12.

3. www.sciencedirect.com

4. http://bahan-alam.fa.itb.ac.id

5. http://lib.farmasi.unpad.ac.id

Produk Borobudur Herbal dari ekstrak delima putih :

1. Produk Borobudur Herbal DELIMAS ,Ellagic Acid adalah zat aktif dalam delimas yang dapat menghambat aktivitas jamur Candida albicans ( jamur penyebab keputihan ).

2. MASTIN POME merupakan produk baru mempunyai komposisi dari ekstraksi kulit manggis dan juga ekstraksi pomegranate

Comments

No posts found

whatsapp Chat Whatsapp kami