Asam Urat dan Rematik apakah sama ?

Pernahkan anda mengalami sakit di bagian persedian ?  atau bahkan  pegal - pegal di bagian tulang ( pungung , siku - siku dan lengan ),  ada beberapa sebagian orang yang menganggap bahwa anda sedang terkena penyakit asam urat atau bahkan rematik ?. 

lalu apa sih sebenarnya asam urat dan rematik itu ?   apakah merupakan penyakit yang sama ?

Jkami akan memberikan ulasan untuk mengetahui dan mendalami tentang penyakit ini. Hal ini sangat perlu dan penting sekali untuk memahami tentang perbedaan Asam Urat dan Rematik, kenalilah dahulu apa itu Asam Urat Dan Penyakit Rematik.

Asam urat adalah suatu kondisi saat seseorang mengalami rasa nyeri yang sangat menyiksa pada bagian tulang persendian, seperti pada pergelangan tangan, kaki, dan juga lutut serta siku. Rasa nyeri ini disebabkan oleh timbunan asam urat yang dihasilkan dari zat purin yang berlebih, pola makan sangat berpengaruh dalam hal ini .

Zat purin penyebab asam urat diproduksi dari sisa makanan yang dikonsumsi oleh tubuh. Ketika tubuh mengonsumsi suatu zat makanan tertentu, sisa dari zat makanan tersebut akan berubah menjadi zat purin. Zat purin ini kemudian diubah menjadi asam urat, Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang.

Jika asam urat terlalu berlebihan, bisa menyebabkan pembengkakan dan di beberapa kasus bisa terjadi peradangan Asam urat bisa menyebabkan kondisi kronis yang serius, bagian – bagian yang mengalami dan terkena penyakit asam urat akan membengkak sangat besar , dan fatalnya pembekakan itu akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa apabila tidak segera diobati .

Metode pengobatan konvensional maupun metode pengobatan tradisional yang memanfaatkan obat herbal dan alami sangat membantu untuk menyembuhkan penyakit ini. Karna efek samping dari obat herbal sangat minim sekali bahkan tidak ada sama sekali , hal ini lah yang menjadi point positif untuk pengobatan herbal karna memanfaatkan alam dan tanaman herbal tertentu yang sudah dilahirkan menjadi obat herbal untuk penyakit – penyakit tertentu , contohnya dalam kasus ini adalah Asam Urat dan Rematik.

Gangguan yang terjadi pada metabolisme purin menyebabkan penimbunan sodium urat di dalam dan di antara persendian. Asam urat adalah hasil metabolisme tubuh oleh salah satu unsur protein, zat purin dan ginjal, dimana organ tersebut mengatur kestabilan kadar asam urat dalam tubuh dan akan membawa sisanya ke pembuangan air seni.

Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidak mampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Apabila kadar asam urat dalam darah berlebihan, ginjal tidak sanggup mengaturnya sehingga akan menumpuk pada jaringan dan sendi yang mengakibatkan nyeri dan sakit di persendian. Batas normal kandungan asam urat dalam darah pria antara 3.4-7 mg/dl dan wanita 2.4-5.7 mg/dl.

Yang berpotensi mengalami penyakit asam urat :

  • Mereka yang berusia diatas 40 tahun, karena metabolisme yang mulai kurang sempurna.
  • Mereka yang gemar menyantap makanan yang berpotensi mengandung purin/xanthine, misalnya lemak, daging, jerohan dan kacang-kacangan.
  • Wanita yang mulai menginjak menopouse.

Gejala yang ditimbulkan:

  • Nyeri
  • Pegal-pegal
  • Kesemutan pada pangkal ibu jari kaki, telapak kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan kaki
  • Kaku-kaku pada persendian
  • Persendian tampak bengkak

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala-gejala pada asam urat:

  • Menghindari makanan kaya zat purin/Xanthine
  • Menghindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol
  • Banyak minum air putih
  • Mempertahankan berat badan dalam batas normal
  • Mengkonsumsi makanan yang cukup kalori, protein, mineral dan vitamin
  • Mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat untuk membantu mengeluarkan asam urat
  • Mengkonsumsi makanan yang kandungan lemak sedang, karena lemak cenderung menghambat pengeluaran asam urat
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan untuk membantu mengeluarkan kelebihan asam urat

Sedangkan penyakit Rematik adalah terjadinya peradangan kronis pada persendian yang disebabkan oleh adanya gangguan autoimun di dalam tubuh.

Gangguan autoimun yang dimaksud adalah system kekebalan tubuh seseorang yang sejatinya berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri, kuman, virus justru malah menyerang jaringan tubuh atau sel orang tersebut.

Hal ini menyebabkan tulang rawan yang ada di sekitar persendian menjadi tipis serta membentuk suatu jaringan tulang baru. Rasa nyeri yang ditimbulkan berasal dari adanya pergesekan atau persinggungan di antara tulang-tulang rawan tersebut.

Sekitar 90% penderita Rematik adalah orang yang berusia di atas 60 tahun. Jika usia kita telah melewati 50 tahun, sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan aktivitas yang membebani anggota badan. Penderita rematik yang berbadan gemuk sebaiknya menurunkan berat badan agar beban lutut tidak terlalu berat.

Peradangan sendi atau Rematik juga bisa diartikan peradangan pada persendian yang terjadi secara tiba-tiba (rematik akut) atau secara berangsur-angsur (rematik kronis) yang ditandai dengan bengkaknya persendian.

Tanda – tanda gejala peradangan sendi adalah:

  • Kaku pada persendian
  • Pembengkakan pada sendi
  • Muncul benjolan dibawah kulit
  • Perubahan bentuk sendi
  • Disertai rasa demam, lemah, nafsu makan berkurang

Langkah-langkah untuk mengatasi radang persendian adalah :

  • Latihan fisioterapi
  • Latihan fisioterapi penting sekali guna memelihara mobilitas sendi dan tenaga otot.
  • Menghindari gerakan/ olah raga berat
  • Gerakan/ olah raga berat harus dihindari untuk mengatasi radang persendian.
  • Pengobatan secara tradisional dan modern

Penyakit Asam Urat dan Rematik bukan penyakit yang sama, namun kedua penyakit ini hampir sama pola penyerangannya yang menyerang pada bagian – bagian tubuh yang merupakan tumpuan antara tulang / daerah – daerah aktif, pertemuan untuk menahan beban , beban berat badan / beban tumpuan yang kita bawa . wajar saja apabila kedua penyakit ini dapat dikatakan hampir sama oleh penderita yang belum mengerti sepenuhnya , namun penyebabnya lah yang membedakan penyakit ini , masuk dalam golongan Rematik / Asam Urat, maka hal ini perlu diperiksa dalam medis agar mengerti sepenuhnya masuk dalam golongan Rematik / Asam Urat. Dan lakukan segera pengobatan apabila sudah menderita penyakit tersebut .Tindakan mencegah lebih baik , namun tegas dalam mengobati penyakit hal utama yang harus diterapkan .

Ironisnya penyakit rematik juga banyak dialami oleh remaja – remaja / usia produktifitas belum mencapai umur yang disebutkan, kenapa hal ini terjadi ? jarang olahraga, mengkonsumsi makanan cepat saji, tidur tanpa kenal waktu, dan masih banyak lagi aktifitas pasif yang secara sadar kita lakukan namun hal itu ternyata membuat kita tidak sadar akan bahaya kesehatan yang akan menghampiri kita.

Rematik harus segera ditangani karna apa bila penyakit ini tidak ditangani dengan serius akan menimbulkan hal fatal ! akibat dari tidak seriusnya menangani penyakit Rematik adalah Kelumpuhan ! segera cek dan lakukan pengobatan apabila anda sudah mengalami penyakit rematik , dan lakukan pencegahan dengan mulai berlih kepola hidup sehat.

PENELITIAN :

1. Penelitian yang dilakukan oleh Shanti G dkk., dari UPM, Serdang, Selangor menggunakan ekstrak jahe dapat mengurangi erosi cartilago dan lapisan permukaan pada sendi. Penelitian berakhir pada kesimpulan bahwa ekstrak jahe memiliki efek menghilangkan/mengurangi rasa sakit pada sendi penderita osteoarthritis.

2. Penelitian dari M Wien Winarso, tentang kajian komposisi jamu pegal linu, Pusat Penelitian dan Pengembangan Farmasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, Jakarta, membuktikan bahwa greges otot dapat digunakan sebagai antiinflamasi.

3. Penelitian yang dilakukan oleh Eun Bang Lee dkk dari Korea terhadap piperina alkaloid (kandungan merica hitam) terhadap mencit albino jantan dengan metode geliat terhadap tikus Sprague Dawley jantan. Dari uji ini disimpulkan bahwa piperina mempunyai efek analgesik.

Produk Borobudurherbal digunakan untuk mengobati asam urat adalah sebagai berikut:

1. MURAT 100 PIL

2. MURAT 12 KAPSUL

3. MURAT 60 KAPSUL

4. SARAT 

Produk Lainnya untuk mengobati pegal pegal silahkan  kunjungi klik disini

PUSTAKA:

1. BPOM, 2007, Acuan Sediaan Herbal, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, Jakarta, hal. 60-63

 2. Dalimartha S., 1999, Atlas Tumbuhan Obat Indonesia, Jilid 1, Trubus Agriwidya, Jakarta, hal. 126-129

 3. Depkes RI, 1980, Materia Medika Indonesia, Jilid IV, Depkes RI, Jakarta, hal. 99-108

 4. Redaksi Trubus, 2008, Herbal Indonesia Berkhasiat, PT. Trubus Swadaya, Jakarta, hal. 268-269

 5. Shanti G. et all., 2007, IOCD International Symposium, IOCD and CPPD Airlangga University, Surabaya, p. 154

 6. Sriwidodo, W.S., 1996, Cermin Dunia Kedokteran 108 Obat Tradisional, International Standar Serial No. 0125-913X, hal. 27

 7. Wijayakusuma, Hembing.1996.Tanaman berkhasiat Obat di Indonesia, Jilid 4. Jakarta. Pustaka Kartini hal 99

 8. Tambupolon, Oswald.T. 1995. Tumbuhan Obat. Jakarta : Penerbit Bhratara.

 9. Anonim. 1999. Pengetahuan Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : PT. Intisari Mediatama hal 72

10. Anonim, 1985, Tanaman Obat Indonesia, Jilid I, Jakarta. Departement Kesehatan RI. Hal 12611. 

 11.Wijaya kusuma, Hembing, 1992, Tanaman berkhasiat Obat diIndonesia. Jilid 1. Jakarta. Pustaka kartini hal 62

http://images.rheumatology.org